Jenis- Jenis Countdown,Penghitung Mundur

Posted By Unknown on Monday, June 20, 2016 | 8:20:00 AM

Jenis- Jenis Countdown,Penghitung Mundur

count down / penghitung mundur di powerpoint
Pernahkah Anda menonton film yang memperlihatkan jagoan sedang menjinakan bom, dimana waktu yang miliki sangat sedikit. Biasanya pada bom tersebut menempel timer yang terus mundur, dan jika seorang jagoan tersebut tidak bisa menjinakan bom sesuai waktu yang tersisa maka bom akan meledak.

Kejadian tersebut dapat Anda aplikasikan pada kegiatan pembelajaran misalnya ketika sedang mengerjakan kuis atau ujian. Nantinya tiap soal akan diberikan waktu yang berjalan mundur, jika dapat menyelesaikan soal sebelum waktu habis maka akan berpindah ke soal yang lain, tapi jika dalam waktu tertentu tidak bisa menjawab soal maka akan game over.

Pengertian Count Down / Penghitung Mundur

Sebelum saya menjelaskan jenis - jenis nya terlebih dahulu Anda harus tahu apa itu count down. Count Down atau penghitung mundur adalah waktu yang berjalan mundur bukan maju sehingga akan berakhir dengan habisnya waktu. Biasanya satuan waktu yang digunakan adalah per sekon atau per detik.

Jika waktu telah berakhir atau habis dengan ditandai dengan 0 detik maka akan muncul aksi atau kejadian yang sudah ditentukan.

Jenis dan Model Count Down

Jenis - Jenis Count Down yang perlu Anda ketahui dan dapat diaplikasikan pada powerpoint ada 5 macam yaitu sebagai betikut :

# 1 Jenis Angka
Jenis ini adalah berupa angka biasa yang dimulai dari waktu yang teratas sesuai yang ditentukan menuju angka 0. Bisa menggunakan border seperti bangun datar.

# 2 Jenis Jam Digital
Untuk yang ini hampir sama dengan jenis angka namun menggunakan menit dan detik yang diapit dengan tanda titik dua.

# 3 Jenis Loading Bar
Jenis loading bar biasanya berupa bentuk persegi panjang horizontal, dimana nanti count down nya adalah mengisi fill kotak persegi panjang sampai penuh.

# 4 Jenis Loading Circle
Hampir mirip dengan berjalannya jarum jam dan area yang telah dilewati akan berubah warna.

# 5 Jenis Jam Pasir
Untuk jenis ini yaitu fill akan berpindah dari dari atas kebawah, yang atas akan berkurang dan yang bawah akan penuh.

Demikian kelima jenis count down / penghitung mundur, untuk tutorial cara membuat di powerpoint nanti pada artikel yang lain.
Blog, Updated at: 8:20:00 AM

0 comments:

Post a Comment

Contributors

Powered by Blogger.